Lifestyle

Tips Memilih Kosmetik Yang Halal Yang Harus Ukhti Ketahui

Tips Memilih Kosmetik Yang Halal Yang Harus Ukhti Ketahui

Sebagai seorang muslimah, tentu kita harus waspada dan lebih teliti lagi saat hendak memilih sebuh produk kosmetik di pasaran. Mengapa demikian? Pasalnya, tak sedikit produk-produk kosmetik yang komposisinya mengandung unsur najis serta zat kimia yang berbahaya bagi kulit. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang tips memilih kosmetik halal dan aman bagi kulit, mari sama-sama kita simak saja langsung penjelasannya di bawah ini :

  1. Sering Akses BPOM Dan MUI

Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini merupakan lembaga kegamaan yang memiliki wewenang dalam mengurusi masalah Ummat, baik itu masalah muamalah, akidah, ibadah, dan lain sebagainya. Selain itu MUI ini berwenang untuk menentukan halal haramnya suatu produk yang beredar di masyarakat. Sedangkan BPOM atau Badan Pengawas Obat Dan Makanan merupakan lembaga yang berwenang untuk meneliti serta mengawasi berbagai produk obat dan makanan, termasuk kosmetik.

Kedua lembaga ini bersinergi dalam melakukan pekerjaannya satu sama lain. Sehingga kedua lembaga ini kadang mengeluarkan hasil investigasi di lapangan secara bersamaan. Kemudian kedua lembaga ini membuat lampiran berupa daftar kosmetik yang berbahaya dan tidak halal, sehingga masyarakat bisa mengetahui produk kosmetik tersebut. Untuk itu ukhti harus sering mengakses MUI dan BPOM supaya terhindar dari membeli produk kosmetik yang berbahaya dan haram.

  1. Kosmetik Itu Bukan Obat Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit

Kosmetik itu menurut BPOM adalah merupakan alat atau panduan bahan yang hanya digunakan untuk bagian luar tubuh saja seperti rambut, wajah, kuku, bibir, organ kelamin, rongga mulut, dan epidermis. Dan penggunaan alat tersebut tidak dimaksudkan untuk mengobati serta menyembuhkan penyakit, tetapi hanya untuk membersihkan, menambah daya tarik, mengubah penampilan, dan melindungi tubuh agar tetap baik dan tidak bau. Oleh sebab itu ukhti harus waspada jika ada produk kosmetik yang menjanjikan bisa mengobati suatu penyakit, karena kosmetik bukan diperuntukan untuk hal itu.

  1. Carilah Produk Kosmetik Yang Sudah Populer

Menurut kabar yang beredar, Safi merupakan salah satu merk kosmetik yang paling populer di Indonesia. Ya, produk kosmetik asal Negeri Jiran ini terbuat dari bahan-bahan alami terbaik, yang tentunya sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit. Itu sebabnya, mengapa produk ini sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI dan kode legalitas dari BPOM.

Itulah beberapa tips yang harus ukhti ketahui dalam memilih produk kosmetik yang halal dan aman untuk kulit. Bagaimana, apakah ukhti tertarik untuk mencoba tips tersebut?