Others

Sumber Energi Surya Paling Populer di Dunia

Sumber Energi Surya Paling Populer di Dunia

Tenaga surya merupakan sumber energi paling besar di tata surya. Oleh sebab itu banyak orang memanfaatnya sebagai sarana pembangkit listrik. Pembangkit listrik bertenaga surya disinyalir paling favorit di seluruh dunia. Berdasarkan data global menunjukkan kapasitas panel bertenaga surya ini lebih banyak terpasang dibandingkan pembangkit listrik lain.

Penggunaan Energi Surya di Seluruh Dunia

Penggunaan energi surya yang berasal dari panel dalam cakupan seluruh dunia menghasilkan kurang lebih 73 gigawatt listrik. Panel surya tersebut telah terpasang di berbagai negara sejak tahun 2016. Energi surya menempati posisi pertama sebagai pembangkit listrik setelah itu diikuti dengan energi angin, batu bara, gas, dan tenaga air.

Penghasil listrik dari panel surya setara dengan dan tenaga angin yakni sebesar dari tenaga listrik diseluruh dunia. Dari segi permintaan dan harga penjualan panel surya ini sangat kompetitif. Selain itu diproduksi dalam skala besar dan rantai pasokan memadai. Panel surya terbaik hanya anda dapatkan di Sewatama.

Pencontohan Pembangkit Listrik di Australia

Australia dapat dijadikan sebagai contoh negara yang menggunakan energi surya dan angin sebagai pembangkit listrik utama. Disinyalir kapasitas energi surya yang ditargetkan pada 2020 harus mencapai 12 gigawatt.

Di negara ini panel surya dan tenaga angin dipadukan sehingga menghasilkan energi listrik sebesar 3 gigawatt sepanjang tahun. Sementara itu pemerintah federal dari Australia sendiri menetapkan Target Energi Terbarukan (RET). Jumlah energi listrik yang ditargetkan setiap tahunnya bertambah dua hingga tiga kali lipat.

Australia mempertahankan energi terbarukan tersebut agar ditahun 2030 mampu mencukupi setengah dari kebutuhan listrik negara. Hal ini juga merupakan perwujudan dari hasil konferensi iklim Paris. Penggunaan pembangkit listrik berenergi surya sangat menghemat membantu upaya penghematan energi.

Agar mewujudkan target pasokan energi listrik Australia dimasa depan maka akan ada pengadaan tingkat instalasi lebih banyak. Yang merupakan gabungan dari energi surya dan angin sebesar 6 gigawatt setiap tahun.

Teknologi ini lebih murah dibandingkan dengan pembangkit listrik dari energi batu bara dan gas. Selain itu sangat ramah terhadap ekosistem dan tidak mengeluarkan residu yang berbahaya untuk lingkungan sekitar.